Ini Dia 7 Tips Membuat Makaroni Panggang yang Sempurna

Ini Dia 7 Tips Membuat Makaroni Panggang yang Sempurna

RESEP NUSANTARA, 19 Januari 2021

Facebook Google+ Twitter

 

 

Bisakah anda bayangkan ketika suhu di rumah sedang dingin karena hujan deras, lalu di depan Anda tersaji makaroni panggang hangat yang baru keluardari oven. Wow.. Pastinya selera makan Anda langsung tergugah. Tak hanya bikin perut kenyang, makaroni panggang dengan rasa yang istimewa juga mampu membuat hati senang. Tidak heran jika makaroni panggang masih saja disebut-sebut sebagai salah satu “comfort food” yang digemari anak-anak hingga orang dewasa sampai saat ini.

Walaupun terlihat “fancy”, proses pembuatan makaroni panggang sesungguhnya masih terbilang sederhana. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasa dan kematangan makaroni panggang buatan Anda semakin sempurna. Apa saja detail-detail yang perlu diperhatikan tersebut? Yuk simak penjelasannya!

1. Pilih jenis pasta yang sesuai

Pasta dibuat menjadi bermacam-macam bentuk bukan tanpa alasan. Untuk membuat sebuah panganan bersaus tebal seperti makaroni panggang, Anda perlu menggunakan jenis pasta yang melengkung dengan bagian tengah berlubang seperti Elbow Macaroni, Chiferi Rigate, Rigatoni, atau Macaroni Shells agar saus bertekstur kental yang Anda masukkan dapat “terjebak” di dalamnya.

2. Hindari merebus pasta sampai al dente

Jika biasanya Anda diharuskan merebus pasta hingga al dente, maka kali ini aturannya sedikit berbeda. Angkat rebusan pasta saat kematangannya belum begitu sempurna (sekitar 1-2 menit sebelum al dente) karena setelahnya pasta masih akan masuk ke dalam panggangan. Anda tidak menginginkan makaroni panggang yang lembek karena terlalu lama dimasak, bukan?

3. Masukkan keju ke dalam saus saat api sudah dimatikan

Makaroni panggang identik dengan saus béchamel (saus putih yang sangat kental dan creamy). Untuk membuatnya, Anda perlu memanaskan butter yang kemudian dicampurkan dengan tepung terigu, susu cair, beserta sedikit garam dan lada bubuk. Setelah dimasak sampai konsistensinya tepat, giliran parutan keju cheddar yang perlu Anda masukkan ke dalam adonan saus. Namun, sebelum keju dimasukkan, matikan api atau angkat terlebih dahulu panci dari atas kompor. Hal ini sebaiknya dilakukan agar saus tidak pecah dan menjadi kasar sebab suhu tinggi bisa membuat protein di dalam keju terpisah—seperti susu yang terpisah dari air dadihnya.

4. Campurkan keju dengan rasa yang seimbang

Ada keju yang rasa asinnya kuat dan ada pula keju yang rasa asinnya lebih lembut. Saat membuat makaroni panggang, sebaiknya Anda mengkombinasikan dua jenis keju tersebut untuk mencapai keseimbangan rasa yang maksimal. Untuk mendapat rasa yang gurih, Anda bisa menggunakan aneka jenis keju. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan mozzarella untuk memperoleh tekstur kenyal dengan rasa yang lembut.

5. Jangan pelit saus dan topping!

Walaupun sudah dicampur dengan saus béchamel, Anda masih boleh menambahkan saus lainnya—seperti saus bolognese—ke dalam makaroni panggang ini. Tambahkan pula irisan smoked beef, daging cincang, ayam suir, atau sayur kegemaran Anda. Makaroni panggang yang “sepi” akan terlihat menyedihkan. Jadi, jangan ragu untuk memperkaya isinya dengan saus dan topping yang Anda sukai.

6. Tambahkan remah roti untuk topping yang crunchy

Makaroni panggang yang sempurna terdiri dari pasta dan saus yang creamy, namun bagian topping terluarnya berwarna kuning kecoklatan dan terasa crunchy. Untuk mendapatkan luaran yang renyah namun isiannya tidak ikutan garing, Anda bisa menaburkan remah-remah roti di bagian atas makaroni panggang sebelum ia dimasukkan ke dalam oven. Remahan roti ini berfungsi untuk “menjaga” makroni agar tidak gosong sampai ke dalam.

7. Biarkan suhunya menurun sebelum dipotong

Setelah dipanggang selama 20-30 menit dengan suhu 180°C, keluarkan makaroni panggang dari dalam oven lalu diamkan dulu selama beberapa saat. Selain untuk menurunkan suhunya, panganan ini juga memerlukan waktu untuk membuat seluruh isian, saus, beserta bumbu-bumbu di dalamnya menyerap dan menjadi satu kesatuan yang sempurna.

Tertarik untuk mengaplikasikan semua tips di atas? Jangan lupa ajak teman-teman dan keluarga Anda untuk mencobanya juga ya, macaroni lovers. Semoga berhasil!

grosir kerupuk mentah murah,harga kerupuk mentah murah,harga kerupuk mentah palembang,agen kerupuk mentah palembang,distributor kerupuk palembang mentah,cara menggoreng kerupuk palembang mentah,jual kerupuk mentah di palembang,agen kerupuk mentah di palembang,grosir kerupuk mentah bandung,jual kerupuk mentah bandung,distributor kerupuk mentah bandung,pabrik kerupuk mentah bandung,kerupuk kulit mentah bandung,agen kerupuk mentah bandung,agen kerupuk mentah di bandung,grosir kerupuk mentah di bandung,pabrik kerupuk mentah di bandung,distributor kerupuk mentah sidoarjo,pabrik kerupuk mentah sidoarjo,agen kerupuk mentah sidoarjo,jual kerupuk mentah sidoarjo,harga kerupuk mentah sidoarjo,aneka kerupuk mentah sidoarjo,distributor kerupuk mentah di sidoarjo,kerupuk mentah tahan berapa lama,kerupuk mentah kota medan sumatera utara

Baca juga :

Grosir Kerupuk Cincin Non-MSG