Tips Memulai Bisnis Dari Rumah

Tips Memulai Bisnis Dari Rumah

GROSIR SNACK, 03 Mei 2017

Facebook Google+ Twitter

Dalam artikel kali ini saya akan membahas Cara memulai Bisnis Snack Cara memulai Bisnis Snack makanan ringan dari rumah. Saya ingin membahas bagaimana anda bisa memulai bisnis Snack sebagai produsen snack saat ini juga dengan mengikuti langkah langkah yang berhasil diterapkan oleh industri snack rumahan hingga mencapai kesuksesan

CARA MEMULAI BISNIS SNACK MAKANAN RINGAN DARI RUMAH

cara-awal-memulai-bisnis-snack-makanan-ringan-dari-rumah
Saya tidak menyuruh anda untuk memproduksi snack yang dijual untuk segmen pasar tertentu, tetapi saya hanya akan memberi anda gambaran cara memulai bisnis snack makanan ringan dari rumah, anda bisa juga menerapkan metode ini sebagai langkah awal dalam memulai usaha bisnis snack dari rumah

1.SIAPKAN MENTAL BISNIS SNACK ANDA

Didalam semua aspek bisnis, mental bisnis merupakan hal yang sangat penting dan utama. Jika sebelumnya anda telah memiliki sebuah bisnis, maka persiapkan diri anda untuk menaikkan level mental bisnis anda. Karena dalam bisnis Snack ini anda akan banyak sekali menjumpai aspek yang saling berkaitan satu sama lain diantaranya produk, kualitas produk, pemasaran, sistem distribusi dan lain-lain

 

2. CARI POTENSI PRODUK SNACK YANG LAKU DI PASARAN

Anda juga bisa memulai dengan hal kecil seperti observasi di pasar tradisional dan juga sekolah. Kenapa pasar tradisional dan sekolah?

Tentu saja, Karena potensi pemasaran terbesar ada di pasar tradisional dan juga instansi sekolah yang banyak akan calon konsumen. Coba kita kalkulasi jika dalam satu kota anda terdapat sekitar kurang lebih 20 – 30 Kecamatan dan terdapat lebih dari 200 desa, bisa dipastikan terdapat banyak pasar tradisional di dalamnya.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan berapa tingkat persen Snack yang laku di sekolah sekolah, namun menurut saya usia anak sekolah merupakan target market terbesar untuk produk snack

Simak produk apa yang sedang disukai anak anak saat ini, kenali bahan baku pembuatannya, bagaimana bentuk kemasannya sehingga menarik minat anak sekolah untuk membelinya.

Cara memulai Usaha Bisnis Snack yang paling mudah dan simple adalah menembak produk yang telah ada dan sangat digemari di pasaran. Misal, ada produk Makaroni / Sepat pedas Merk ABC Tasik sangat laku keras di pasaran tanpa ada pesaing. Anda bisa meniru/mencontoh produk tersebut dengan kemasan packing yang mirip dengan merk ABE asli Cianjur. Dengan harga jual sedikit dibawah produk asli.

He….he… cara ini not recomended sebenarnya yah. Lebih baik anda menciptakan produk dan brand sendiri.

Cara memulai Bisnis Snack makanan ringan dari rumah
3. TETAPKAN SEGMEN PASAR SNACK

Dan sekarang anda setidaknya telah memiliki sedikit gambaran bagaimana produk yang akan di jual. Kini saatnya anda menetapkan Segmen Pasar anda.

Anda juga harus mempunyai gambaran kalo saya produksi ini, cocoknya di jual untuk siapa ya ?

Mungkin itu sedikit nukilan yang ada di dalam otak anda.

Apakah berpotensi didalam segmen pasar produk anda?, hanya anda sendirilah yang tahu. Mau dijual kepada siapa produk anda. Anak usia sekolah, remaja, penyuka gaya hidup atau di jual secara eksklusif.

 

4. RENCANAKAN KEMASAN PRODUKSI SNACK

Kemasan produksi/packing juga merupakan hal penting dalam gambaran awal bagaimana produk snack anda mampu dilirik dan menarik hati konsumen. Denger denger menurut ahlinya sih kemasan produksi adalah element vital dalam konsep pemasaran.

Menurut saya, kemasan produksi mencerminkan kekuatan produk anda. Dan juga dalam segi segmen pasar mana yang akan anda tuju akan berpengaruh terhadap kemasan produk anda

Nama yang tertera dikemasan, desain kemasan yang menarik akan melekat dalam ingatan konsumen

Bisnis Snack makanan ringan rumahan

5. KINI SAATNYA MEMPRODUKSI SNACK

Memproduksi snack sendiri juga dapat diartikan anda akan membuat produk snack yang siap jual. Anda bisa memilih cara pemrosesan snack siap jual :

Memproduksi snack dari bahan mentah hingga menjadi snack siap jual. Contoh : Kripik singkong, Pia, dll
Membuat snack dari bahan setengah jadi hingga menjadi snack siap Jual. Contoh : Krupuk, Makaroni goreng, dll.
Repacking Snack dari kulakan snack curah kiloan. Contoh : Kacang Shanghai, Snack Lebaran, dll.
Untuk tahap awal saya menyarankan untuk melakukan repacking snack. Hal ini bertujuan untuk melihat potensi pasar serta mengenalkan produk anda di pasaran sambil melihat potensi lain yang terbuka di pasar.

 

6. PEMASARAN SNACK

Dan tentu saja Snack hasil produksi anda sendiri harus di jual untuk mendapatkan keuntungan dan buat balik modal sebuah usaha. Kini anda harus menyiapkan mental yang saya bahas di point 1 tadi. Anda akan menerima penolakan penolakan dari para pedagang karena anda menjual produk yang belum dikenal di pasaran. Saran saya sih, coba terus toh masih ada puluhan pasara dan ratusan toko penjual snack di kota anda.

Tanamkan prinsip jangan mudah menyerah dalam diri anda

Apabila ada satu toko menolak anda masih punya peluang pergi ke toko berikutnya untuk anda tawarkan produk anda, begitu seterusnya

Jika hari ini toko A menolak Produk anda, cobalah mendatanginya mingu depannya dengan hari yang sama, ulangi lagi,ulangi lagi. Mengapa demikian dan harus diulangi padahal toko tersebut sudah jelas jelas menolak ?

Ada banyak kemungkinan, diantaranya Toko tersebut coba memberi ujian anda, ada kekawatiran toko jika mengambil barang anda bagaimana konsisten anda dalam kunjungan rutinnya, bagaimana dengan retur barang. Jangan jangan ini produk tembak lari.


7. DIVERSIFIKASI SNACK

Diversifikasi Snack atau keragaman snack. Dengan adanya banyak jenis snack beragam yang anda tawarkan di pasaran akan sangat mempengaruhi pilihan konsumen terhadap produk anda. Untuk awal saya menyarankan paling tidak anda memiliki tiga macam pilihan snack untuk dilempar ke pasar. Tentu pula dengan berbagai harapan diantara pilihan tiga snack tersebut ada satu atau dua snack yang penjualannya sangat laris di pasaran sambil melihat potensi jenis snack yang lain

Cara awal memulai Bisnis Snack makanan ringan dari rumah bisa menjadi pedoman anda untuk memulai bisnis ini sekarang juga. Cemilan Nusantara juga menawarkan produk olahan snack dengan harga yang cukup bersaing bagi konsumen makanan ringan. Sekaligus menawarkan kesempatan untuk mendapatkan peluang bisnis bagi yang ingin berwirausaha membuka distribusi atau reseller makanan ringan khususnya dalam bidang cemilan. Untuk lebih lanjut mengenai cara pembelian secara retail atau grosir aneka kripik bisa lihat DISINI