Resep membuat pisang gulung mini

Resep membuat pisang gulung mini

RESEP NUSANTARA, 13 Juli 2017

Facebook Google+ Twitter

Sudah menjadi teori umum bahwa buah-buahan yang merupakan bahan pangan sumber vitamin, Selain buahnya yang dimakan dalam bentuk segar, daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya daun pisang untuk makanan ternak, daun pepaya untuk mengempukkan daging dan melancarkan air susu ibu (ASI) terutama daun pepaya jantan.

Karakteristik buah yaitu warna buah cepat sekali berubah oleh pengaruh fisika misalnya sinar matahari dan pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) sehingga mudah menjadi busuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa simpannya sangat penting. Buah dapat diolah menjadi berbagai bentuk minuman seperti anggur, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan Sale Pisang Gulung Mini.

Sale Pisang Gulung Mini sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia, tapi siapa sangka camilan yang satu ini membuat orang yang memakannya ketagihan. Mau tau cara membuatnya ?

Sale Pisang Gulung Mini yaitu makanan olahan dari pisang yang sudah matang, kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering agar kadar airnya berkurang dan bisa bertahan lebih lama.

Pisang dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :

1) Pisang yang dimakan dalam bentuk segar, misalnya : pisang ambon, raja sere, raja bulu, susu, seribu, dan emas.
2) Pisang yang dimakan setelah diolah terlebih dahulu, misalnya : pisang kepok, nangka, raja siam, raja bandung, kapas, rotan, gajah, dan tanduk.

Pisang banyak mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi daripada buah -buahan lainnya, namun buah pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengawetan, misalnya dalam bentuk keripik, dodol, sale, anggur, dan lain-lain. Sale Pisang Gulung Mini merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale Pisang Gulung Mini dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu Sale Pisang Gulung Mini adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale Pisang Gulung Mini yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan.

Bahkan saat ini Sale Pisang Gulung Mini kini sudah tekenal dimana bahkan sudah sampai mancanegara. Baiklah, mari kita simak tentang Cara Membuat Sale Pisang Gulung Mini Kering dibawah ini.

- Pisang Ambon sebanyak 20 buah.
- Tepung Beras sebanyak 200 gr.
- Tepung Sagu sebanyak 100 gr.
- Vanili Bubuk sebanyak ½ sdt.
- Air sebanyak 400 ml.
- Air Kapur Sirih secukupnya.
- Gula Pasir sebanyak 6 sdm.

Cara Membuat Sale Pisang Gulung Mini

- Kupas serta irislah Pisang tipis-tipis dan memanjang ke samping.
- Keringkan Pisang yang sudah diiris tadi dengan cara menjemur Pisang di bawah terik matahari.
- Setelah Pisang cukup kering, angkat, lalu goreng di atas minyak panas dengan api sedang sampai Pisang berubah warna menjadi coklat keemasan. Tiriskan.
- Campurlah bahan-bahan berikut dalam satu wadah; Tepung Beras, Tepung Sagu, Vanilli Bubuk, Air, Air Kapur Sirih dan Gula Pasir. Aduk hingga rata
- Masukkan Pisang yang sudah digoreng ke dalam wadah berisi adonan.
- Goreng Pisang hingga berubah warna. Jika sudah tiriskan.
Sale Pisang Gulung Mini siap dinikmati.

Cukup mudah bukan untuk membuat Sale Pisang Gulung Mini tersebut, setelah kita membahas tentang resep dan cara pembuatanya, tentu anda bisa mempraktekkan ini dirumah dan juga bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang cukup menggiurkan sebagai usaha sampingan anda.

Demikian ulasan tentang resep Sale Pisang Gulung Mini untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik memulai bisnis rumahan ini maka akan kami sediakan Info mengenai peluang bisnis Aneka Sale Pisang dan camilan lain bisa anda klik DISINI